11/29/2008

INISIASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD YANG INOVATIF

Saudara, marilah kita ingat kembali materi yang disajikan dalam iniasi pertama, yaitu Prinsip-Prinsip Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Salah satu materi itu telah kita bicarakan, yaitu Prinsip Pembelajaran Kontekstual. Pada materi ini prinsip tersebut tidak akan dibicarakan lagi, tetapi hanya prinsip komunikatif. Prinsip komunikatif ini tidak asing lagi bagi guru bahasa Indonesia Saudara, pada kesempatan ini kita akan membahas pendekatan komunikatif lebih
detail lagi. Pendekatan ini mengajak siswa untuk berlatih berbahasa.Oleh karena itu,
materi ini sangat perlu diketahui oleh seorang guru bahasa Indonesia.
Jika konsepkonsep ini benar-benar dipahami dan dikuasai, tentu Anda akan dapat menerapkannya dengan baik yang pada gilirannya tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia akan tercapai..


Setelah mempelajari inisiasi 3 ini, diharapkan Saudara memiliki kemampuan memberikan contoh model pendekatan komunikatif dalam pembelajaran keterampilan berbahasa.
Untuk mencapai kompetensi yang diharapkan, maka dalam inisiasi ini
Saudara akan disajikan ”Pendekatan Komunikatif” (konsep, ciri, pemilihan materi, kegiatan belajar-mengajar) Konsep Pendekatan Komunikatif Pendekatan komunikatif merupakan pendekatan yang berlandaskan pada pemikiran bahwa kemampuan menggunakan bahasa dalam berkomunikasi merupakan tujuan yang harus dicapai dalam pembelajaran bahasa. Di dalam konsep pendekatan komunikatif terdapat konsep kompetensi komunikatif yang membedakan komponen bahasa menjadi dua bagian, yaitu kompetensi dan performansi atau unjuk kerja.
Kompetensi komunikatif itu adalah keterkaitan dan interelasi antara kompetensi gramatikal atau pengetahuan kaidah-kaidah bahasa dengan kompetensi sosiolinguistik atau atauran-aturan tentang penggunaan bahasa yang sesuai dengan kultur masyarakat. Kompetensi komunikatif hendaknya dibedakan dengan perforemansi komunikatif karena performansi komunikatif mengacu pada realisasi kompetensi kebahasaan beserta interaksinya dalam pemroduksian secara actual Inisiasi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD 1
dengan pemahaman terhadap terhadap tuturan-tuturan. Oleh sebab itu, seseorang
yang dikatakan memiliki kompetensi dan performansi berbahasa yang baik
hendaknya mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang dipelajarinya,
baik dalam pemroduksian (berbicara dan menulis/mengarang) maupun dalam
pemahaman (membaca dan menyimak/mendengarkan).
Ciri-ciri Pendekatan Pembelajaran Komunikatif
Brumfit dan Finocchiaro mengungkapkan cirri-ciri pendekatan komunikatif
adalah (1) makna merupakan yang terpenting, (2) percakapan harus berpusat di
sekitar fungsi komunikatif dan tidak dihafalkan secara normal, (3) kontekstualisasi
merupakan premis pertama, (4) belajar bahasa berarti belajar berkomunikasi, (5)
komunikasi efektif dianjurkan, (6) latihan penubihan atau drill diperbolehkan, tetapi
tidak memberatkan, (7) ucapan yang dapat dipahami diutamakan, (8) setiap alat
bantu peserta didik diterima dengan baik, (9) segala upaya untuk berkomunikasi
dapat didorong sejak awal, (10) penggunaan bahasa secara bijaksana dapat diterima
bila memang layak, (11) terjemahan digunakan jika diperlukan peserta didik, (12)
membaca dan menulis dapat dimulai sejak awal, (13) sistem bahasa dipelajari
melalui kegiatan berkomunikasi, (14) komunikasi komunikatif merupakan tujuan,
(15) variasi linguistic merupakan konsep inti dalam materi dan metodologi, (16)
urutan ditentukan berdasarkan pertimbangan isi, fungsi, atau makna untuk
memperkuat minat belajar, (17) guru mendorong peserta didik agar dapat bekerja
sama dengan menggunakan bahasa itu, (18) bahasa diciptakan oleh peserta didik
melalui mencoba dan mencoba, (19) kefasihan dan bahasa yang berterima
merupakan tujuan utama, ketepatan dinilai dalam konteks bukan dalam keabstrakan,
(20)peserta didik diharapkan berinteraksi dengan orang lain melalui kelompok atau
pasangan, lisan dan tulis, (21) guru tidak bisa meramal bahasa apa yang akan
digunakan peserta didinya, dan (22) motivasi intrinksik akan timbul melalui minat
terhadap hal-hal yang dikomunikasikan.
Peran Peserta Didik dalam Proses Belajara-Mengajar
Robin dan Thompson 1) mengemukakan bahwa cirri-ciri peserta didik yang
sesuai dengan konsep pendekatan komunikatif adalah: (1) selalu berkeinginan untuk
menafsirkan tuturan secara tepat, (2) berkeinginan agar bahasa yang digunakan selalu
komunikatif, (3) tidak merasa malu jika berbuat kesalahan dalam berkomunikasi, (4)
selalu menyesuaikan bentuk dan makna dalam berkomunikasi, (5) frekuensi latihan
berbahasa lebih tinggi, dan (6) selalu memantau ujaran sendiri dan ujaran mitra
2 Inisiasi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD
bicaranya untuk mengetahui apakah pola-pola bahasa yang diucapkan tersebut dapat
diterima dan dipahami oleh masyarakat.
Peran Guru dalam Proses Belajar-Mengajar
Dua peran guru dalam proses belajar-mengajar, yaitu (1) pemberi kemudahan
dalam proses komunikasi antara semua peserta didik dalam kelas, antara peserta
didik dengan kegiatan pembelajaran, serta teks atau materi, dan (2) sebagai partisipan
mandiri dalam kelompok belajar-mengajar.
Implikasi dari kedua peran di atas menimbulkan peran-peran kecil lainnya,
yaitu peran sebagai pengorganisasi, pembimbing, peneliti, dan pembelajar dalam
proses belajar-mengajar.
Peran Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran dipersiapkan setelah guru mengadakan suatu analisis
kebutuhab peserta didik. Keanekaragaman kebutuhan peserta didik ini ditampung
guru dan dipertimbangkan dalam mempersiapkan materi pembelajaran. Implikasi
dari keadaan ini adalah aktivitas peserta didik dalam kelas berorientasi pada peserta
didik.
Kedudukan materi pembelajaran ditekankan pada sesuatu yang menunjang
komunikasi peserta didik secara aktif. Ada tiga jenis materi yang perlu
dipertimbangakn, yaitu (1) materi yang berdasarkan teks, (2) materi yang
berdasarkan tugas, dan (3) materi yang berdasarkan bahan yang otentik.
Metodologi Pembelajaran Bahasa Berdasarkan Pendekatan Komunikatif
Tarigan mengungkapkan bahwa metode-metode pembelajaran bahasa
komunikatif dilandasi oleh teori pembelajaran yang mengacu pada dua prinsip, yaitu
prinsip komunikasi, kegiatan-kegiatan yang melibatkan komunikasi nyata mampu
mengembangkan proses pembelajaran, (2) prinsip tugas, kegiatan-kegiatan-kegiatan
tempat dipakainya bahasa untuk melaksanakan tugas-tugas yang bermakna dapat
mengembangkan proses pembelajaran. Berdasarkan prinsip tersebut, materi
pembelajaran bahasa hendaknya dapat diterapkan melalui metode permainan,
simulasi, bermain peran, dan komunikasi pasangan. Bagaimana Saudara mudah
bukan? Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi-strategi itu sudah
sering Saudara lakukan!
Inisiasi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD 3
Latihan
Saudara, uraian di atas diharapkan dapat memberikan pengetahuan strategi
dalam keterampilan berbahasa. Untuk lebih memperdalam wawasan, Saudara
diharapkan dapat membaca buku bahan ajar cetak pada unit 4. Selain itu, untuk
mengetahui pemahaman Saudara tentang materi yang telah disajikan jawablah
pertanyaan berikut ini!
1. Buatlah sebuah contoh pembelajaran keterampilan berbicara dengan
menggunakan pendekatan komunikatif!
Saudara Mahasiswa, setelah selesai mengerjakan latihan tersebut, segera kirimkan
melalui email kepada tutor online Anda. Umpan balik akan dapat Anda terima paling
lambat 2 minggu setelah batas akhir pengiriman. Jangan segan untuk menghubungi
tutor online Saudara jika mengalami kesulitan.
Selamat mengerjakan dan semoga sukses
4 Inisiasi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

inisiasi bahasa indonesia

1. Penilaian proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia

Standarkompetensi : Mampu mengungkapkan pikiran ,pendapat,gagasan,dan perasaansecara lisan melalui menceritakan hasil pengamatan,menyampaikan pesan / informasi,membahas isi buku,mengkritik sesuatu,memuji sesuatu,berpidato,dan berdiskusi serta memerankan drama anak
Kompetensi dasar : Berdiskusi
Ketrampilan yang dilatihkan
• Membiasakan bekerja sama dalam kelompok
• Memberikan sumbang saran / ide dalam kelompok
• Menerima saran dan kritik untuk perbaikan
• Cepat menyelesakan tugas


Skenario pembelajaran
Inti( penggalan)
• Guru membentuk kelompok diskusi anak,1 kelompok 5-6 anak.
• Guru memberikan kesempatan pada salah satu kelompok untuk melakukan diskusi di depan kelas,kelompok lain mengamati jalannya diskusi,dan mencatat dalam lembar pengamatan
• Guru dan siswa membahas jalannya diskusi .
• Guru menegaskan jalannya diskusi yang benar
• Siswa diberikan kesempatan untuk melakukan diskusi dalam kelompoknya.
• Secara bergantian setiap kelompok melakukan diskusi di depan kelas dengan diamati oleh guru dan kelompok lain (1 kelompok diberi tugas untuk mengisi lembar pengamatan yang disediakan guru )
• Kelompok pengamat diberi kesempatan untuk memaparkan hasil pengamatannya,dan ditanggapi kelompok yang melakukan diskusi)
• Satu persatu kelompok lain melakukan diskusi di depan kelas
• Guru menegaskan jalannya diskusi yang benar.
2. Butir yang perlu dinilai dalam berpidato
• Gaya
• Mimik
• Lafal / kejelasan ucapan
• Intonasi
• Kenyaringan
• Keruntutan bahasa dalam menyampaikan isi pidato

LOWONGAN IT DI JAKARTA

An IT Multi National Company in Jakarta invites dedicated and talented professional to join our Development Team for

PROGRAMMER/ANALYST

With the following requirements:

- Male / Female, max 35 years old
- Preferable Bachelor (S1) in Informatics Technology
- Preferable have 2-3 years experience
- Knowledge in Oracle, SQL
- Proficient in VB, .NET, PHP, JAVA
- Candidates must dynamic, have positive attitude, good teamwork and excellent communication skill


GRAPHIC DESIGNER

With the following requirements:

- Male / Female, max 35 years old
- Preferable Bachelor (S1/D3) in Informatics Technology
- Preferable have 2-3 years experience
- Proficient in Macromedia (FLASH animation)
- Familiar with web design
- Candidates must dynamic, have positive attitude, good teamwork and excellent communication skill

Please sent your application, CV, recent photograph, and expected salary to:

Human Resources Department
PT Iptek Lintas Kreasi
Gedung Senatama 3rd floor
Jl. Kwitang Raya No. 8, 10420, Jakarta Pusat

Or email to:

recruitment@ipteklink.com

note : Not later than 2 weeks please.

LOWONGAN KERJA TELEKOMUNIKASI BULAN DESEMBER

We are fast
growing telecommunication contractor company located in south Jakarta . We are now seeking employee for positions:

1. Cost Control ( 2 vacancy)
* Female, max 27 years old
* Minimum hold Associate degree on civil engineering with Min GPA 2.8
* Able to operate computer and able to speak English actively
* Mampu mengoperasikan komputer dan dapat berbahasa Inggris secara aktif
* Able to calculate Rencana Anggaran Biaya (RAB)
* Willing to work based on target and under pressure
* Attractive performance


2. Purchaser (1 Vacancy)
* Male or female max 30 years old
* Minimum hold Associate degree on civil engineering with GPA min 2.8
* Having same experience min 1 year
* Having good negotiation skill
* Able to operate and active using English both written and oral.
* Willing to work based on target and under pressure

If you have the requirements,
send your application along with your CV and recent photograph to hrd_admin@infratech.co.id not more
than 150kb. Only short listed candidate will be processed.

For further
information : 521-0338 (Dyah)

Dyah Kartika Putri Utami
Wisma Tugu II 4th floor, East Wing
Jl.HR. Rasuna Said Kav. C 7
Jakarta 12940
Indonesia
Telp : 62 21 521 0338
Fax : 62 21 521 0389

11/25/2008

Download Soal ujian CPNS terbaru

Silahkan download contoh soal-soal ujian CPNS...

Kebijakan Pemerintah
Pengetahuan Umum
UUD ‘45 + Amandemen
Tes Bakat Skolastik
TOEFL
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Falsafah Ideologi
Sejarah Nasional
Tata Negara
Soal CPNS PU Pekerjaan Umum
Soal CPNS PEMKAB Pemerintah Kabupaten

Tambahan Kumpulan Soal CPNS

Kumpulan Soal CPNS Tata Negara Falsafah Ideologi
Kumpulan Soal CPNS Bahasa Indonesia
Kumpulan Soal CPNS TATA NEGARA

Tips Beasiswa (Scholarship)
How to Write a Curriculum Vitae (CV)
How to Write a Research Proposal 1
How to write a research proposal 2
How to Write a Motivation Letter
How to Write a Recommendation Letter
How to Write a Cover Letter

Download Panduan Mendapat Beasiswa Luar Negeri dari DIKTI
e-Book Panduan Beasiswa ke Amerika
Buku Panduan Beasiswa ke Jepang
e-Book Panduan Beasiswa ke Jerman
e-Book Panduan Beasiswa Inggris
Buku Panduan Beasiswa Prancis

Panduan Program Hibah Kompetisi Institusi (PHKI) DIKTI
Pelaksanaan Kegiatan PHKI 2008
Implementasi PHKI 2008

Download Info & Formulir Beasiswa Dalam Negeri Luar Negri
Asia Top Universities Ranking
Beasiswa Pendidikan S2 S3 Dalam Negeri dari DIKTI
Beasiswa Habibie Center

Australia Beasiswa ADS
Beasiswa ADS Australia
Pengumuman Lolos Seleksi Beasiswa ADS 2008
Info Penempatan Semester 1 2008

Belanda Stuned
Beasiswa S2 STUNED
Beasiswa S2 STUNED untuk Luar Jawa
Beasiswa Stuned Short Course 1 Maret
Beasiswa Stuned Short Course 1 Oktober
Info Beasiswa Stuned Belanda
Formulir Beasiswa STUNED Belanda

Jepang:
Soal-soal Ujian & Kunci Jawaban Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) 2007
Program Sarjana S1 (Undergraduate)
Tes Bahasa Jepang (A)
Tes Bahasa Jepang (B)
Tes Bahasa Jepang (C)
Tes Bahasa Inggris
Tes S1 Matematika (A)
Tes S1 Matematika (B)
Tes S1 Fisika
Tes S1 Kimia
Tes S1 Biologi
Tes S1 Sejarah Dunia
Kunci Jawaban Soal Beasiswa Jepang S1

Program Beasiswa untuk Research Students
Soal s2 s3 Bahasa Jepang (A)
Tes S2 S3 Bahasa Jepang (B)
Tes S2 S3 Bahasa Jepang (C)
Kunci Jawaban dalam Bahasa Inggris

Jerman:
Undergraduate
Group Visits to Germany by Foreign Students
beasiswa s1 One-Semester Study Scholarships (specific subjects)
German Industry Scholarships

Graduates (S1 S2)
Short-term Research Grants

Prancis:
Mengapa Studi di Prancis
Beasiswa Prancis 2008
Formulir Aplikasi Beasiswa Prancis

UIN SUKA Yogya
Syarat Registrasi Calon Mahasiswa UIN Yogya Jalur PBUCM

Free Download Anti Virus Gratis
PC MAV RC 21
PCMAV RC 22
PC MAV RC 23 Cleaner + RTP
PC MAV RC23 Build 4
PC MAV RC 23 Build 5
PC MAV RC 24 Cleaner + RTP
PC MAV RC 24 Build 2
PC MAV RC 24 Build 3
PCMAV Final 1.0

Download Lowongan Kerja CPNS
Lowongan CPNS BPK 2007 2008
PENGUMUMAN JAMSOSTEK 2008 TAHAP I WILAYAH I (MEDAN)
PENGUMUMAN JAMSOSTEK 2008 TAHAP I WILAYAH II (PALEMBANG)
PENGUMUMAN JAMSOSTEK 2008 TAHAP I WILAYAH III (JAKARTA)
PENGUMUMAN JAMSOSTEK 2008 TAHAP I WILAYAH IV (BANDUNG)
PENGUMUMAN JAMSOSTEK 2008 TAHAP I WILAYAH V (SEMARANG)
PENGUMUMAN JAMSOSTEK 2008 TAHAP I WILAYAH VI (SURABAYA)
PENGUMUMAN JAMSOSTEK 2008 TAHAP I WILAYAH VII (BALIKPAPAN)
PENGUMUMAN JAMSOSTEK 2008 TAHAP I WILAYAH VIII (MAKASSAR)
Penerimaan calon PNS depag
Pengumuman CPNS BKKBN
CPNS BPPT
CPNS DEPDAG Departemen Perdagangan
CPNS BAKOSURTANAL
cpns depkumham
CPNS Depsos
cpns deptan ppl
CPNS ESDM
Formulir Daftar Formasi CPNS BPPT
Formulir Pendaftaran CPNS Bappenas
Data Gaji PNS
Hasil Tes Tertulis CPNS
PENETAPAN UPAH MINIMUM PROPINSI
Pengumuman CPNS BMG
Pengumuman Penerimaan CPNS Bappenas
Pengumunan penerimaan CPNS BSN
CPNS PU
Rekruitment Operator Pertamina
Pengumuman Hasil Seleksi Rekrutmen Semen Gresik Jakarta D3
Formulir IPDN 2008
Pengumuman lulus USM stan 2008 2009
Daftar peserta lulus USM stan TA 2008/2009
Lowongan BUMN Pegadaian 2008
Form Surat Pernyataan Pelamar Pegadaian
Lowongan CPNS SOLO
CPNS SOLO Alokasi FormasiLainnya klik disini

11/24/2008

Internet fuels child porn trafficking

PHILADELPHIA - Once unnoticed by society, pedophiles who traffic in child pornography have come out into the open on the Internet over the past decade, and law enforcement agents have pounced.

Federal prosecutions for child pornography offenses have surged from 61 in 1994 to 739 in 2002, according to the Department of Justice. The FBI said its cyber-crime investigators went from handling 113 child porn cases in fiscal 1996 to handling 2,645 in fiscal 2004.

The primary reason for the increase, law enforcement officials said, is that the Net has made it easier than ever for pedophiles to exchange pictures and movies of exploited children.

But the surge in prosecutions is also being fueled by the flip side of the new technology: It has also made it easier for authorities to identify and capture child porn traffickers.

Hundreds of suspects have been identified by investigators scanning online chat rooms while posing as children or collectors of illicit images.

Authorities now routinely use Internet Service Provider records to decode the identities of supposedly anonymous computer users who post child porn on Web sites or newsgroups. The government also maintains databases of seized images to see if illegal pictures turning up on the Internet are newly produced.

"The Internet has given us a vehicle to track and identify these people that we never had before," said Letitia Jones, supervisory special agent of the FBI's cyber crimes squad in Philadelphia.

One of the latest offenders to be caught in a technological trap is William Burnham, a nurse from Warminster, Pa., who pleaded guilty Jan. 10 to charges that he transmitted child pornography across state lines.

The simple sting that led to his arrest is one that has been repeated hundreds of times nationwide in recent years.

Prosecutors said Burnham, who worked at an institution for developmentally disabled children, was cruising an Internet chat room while posing as a 15-year-old boy when he crossed paths (electronically) with an undercover detective in Keene, N.H. who, in turn, was masquerading as a 14-year-old boy.

Burnham electronically sent the detective more than two dozen pictures of children engaged in sexually explicit conduct. Investigators identified him through America Online and Yahoo.com records, then searched his apartment and found hundreds of child porn videotapes and more than 4,000 images stored on compact discs.

The circumstances that led to Burnham's arrest might have been nonexistent before the Internet. He might not have had access to child pornography, or if he did, authorities might have had no way of knowing.

Michelle Collins, director of the exploited child unit at the National Center for Missing and Exploited Children, said that if someone had a sexual interest in a child in the 1980s, they had to take the risk of asking someone for it in person.

"Now, it is as easy as sitting in your basement with a bag of chips and a soda," she said. "The $20,000 question is, 'Is this technology, and the ease and anonymity of material, creating or feeding desires that weren't there before?' We don't know."

Burnham is likely to face prison time when he is sentenced in April.

The average prison sentence for someone convicted of a federal child pornography charge has risen from about 3 1/2 years in 1994, to 5 1/4 years in 2002, according to the Department of Justice.

Punishment can be harsher for people convicted of creating new pornography, rather than simply circulating old images.

In late December, a Northampton County judge sentenced Joseph Eisenhauer, of Pen Argyl, to serve three to 21 years in state prison for using the Internet to send pictures of nude children to an undercover policeman, and for videotaping a 10-year-old girl as she undressed.

Eisenhauer will never serve the term. He hanged himself in his cell on Jan. 9.

11/12/2008

Lowongan CPNS di Pemerintah Kota ( PEMKOT ) ) Yogyakarta 2008

logo_pemkot21
PENGUMUMAN
Nomor : 08/PENG/BKD/2008

Tentang

Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil

dari Pelamar Umum Pemerintah Kota Yogyakarta

Formasi Tahun 2008



DASAR :

1. Undang-undang nomor 8 tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kepegawaian, sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999.

2. Undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

3. Peraturan Pemerintah nomor 97 tahun 2000 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah nomor 54 tahun 2003.

4. Peraturan Pemerintah nomor 98 Tahun 2000 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2002.

5. Peraturan Pemerintah nomor 9 tahun 2003 tentang Wewenang Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil.

6. Keputusan Kepala BKN nomor 11 tahun 2002 tanggal 17 Juni 2002 tentang Ketentuan Pelaksanaan PP 98 tahun 2000 tentang Pengadaan PNS sebagaimana telah diubah dengan PP 11 Tahun 2002.

7. Surat Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara nomor B/215.F/M.PAN/8/2008 tanggal 4 Agustus 2008 Perihal Persetujuan Prinsip Tambahan Formasi CPNS Daerah Tahun 2008 untuk Pelamar Umum, Tenaga Honorer dan Sekretaris Desa Tahun 2008.

8. Surat Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara nomor B/226.P/M.PAN/10/2008 tanggal 31 Oktober 2008 Perihal Persetujuan Rincian Formasi CPNS Daerah Tahun 2008.

9. Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara nomor 30 tahun 2007 tanggal 27 Agustus 2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil.

10. Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara nomor K.26-30/V.109-6/99 tanggal 8 September 2008 perihal Pelaksanaan Pengadaan CPNS Formasi Tahun 2008.

11. Keputusan Walikota Yogyakarta Nomor 103/Pem.D/Bp/D2 tanggal 8 November 2008 tentang Formasi CPNS Daerah Kota Yogyakarta

Bersama ini diberitahukan bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil dari Pelamar Umum dengan ketentuan sebagai berikut :

I. PERSYARATAN UMUM

  1. Warga Negara Republik Indonesia ;
  2. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya berusia 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 Januari 2009 dan atau yang memenuhi ketentuan Peraturan Pemerintah nomor 98 Tahun 2000 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah nomor 11 Tahun 2002 dan ketentuan pelaksanaannya;
  3. Telah terdaftar pada Kantor / Dinas Tenaga Kerja setempat, dibuktikan dengan Kartu Pencari Kerja ( AK.I ) ;
  4. Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang diperlukan;
  5. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan Pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena suatu tindakan pidana kejahatan ;
  6. Tidak pernah terlibat dalam suatu kegiatan / gerakan yang menentang Pancasila, UUD 1945, Negara dan Pemerintah Republik Indonesia ;
  7. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil / anggota TNI / POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta ;
  8. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian Resort (Polres) setempat ;
  9. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dokter Pemerintah;
  10. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Republik Indonesia ;

II. PERSYARATAN KHUSUS

1. Semua pelamar dengan Kualifikasi Pendidikan Sarjana dengan minimal Indeks Prestasi ( IP ) Kumulatif 2,75, kecuali bagi Pelamar yang masih mengabdikan diri sebagai tenaga honorer / tenaga bantuan (Naban) di Pemerintah Kota Yogyakarta, dengan melampirkan Surat Keputusan Pengangkatan menjadi tenaga honorer / Naban yang pertama dan terakhir.

2. Khusus Pelamar Tenaga Teknis jabatan Analis Pariwisata, Pranata Humas, Penyuluh Perindag, Penghubung Lembaga dan Pranata Komputer dengan kualifikasi pendidikan S1 Teknik Informatika / S1 Teknik Komputer / S1 Ilmu Komputer / S1 Manajemen Informatika / S1 Sistem Informasi Harus memiliki minimal TOEFL 400, dengan menunjukkan bukti yang syah dari lembaga yang berwenang, kecuali bagi Pelamar yang masih mengabdikan diri sebagai tenaga honorer / tenaga bantuan (Naban) di Pemerintah Kota Yogyakarta, dengan melampirkan Surat Keputusan Pengangkatan menjadi tenaga honorer / Naban yang pertama dan terakhir.

III. JENIS, JUMLAH FORMASI YANG DIBUTUHKAN DAN KUALIFIKASI PENDIDIKAN YANG DISYARATKAN

Tenaga Kesehatan : 115 formasi

Tenaga Teknis Lainnya : 78 formasi

Secara terperinci sebagaimana tercantum dalam lampiran I Pengumuman ini

IV. WAKTU, TEMPAT DAN SYARAT PENDAFTARAN

A. Mekanisme

Berkas lamaran diserahkan di tempat pendaftaran.

B. Waktu Pendaftaran

Mulai Tanggal 17 November sampai dengan 29 November 2008 tiap hari kerja

Senin s/d Kamis : Jam 08.00 s/d 13.00 WIB

Jum’at : Jam 08.00 s/d 10.00 WIB

Sabtu : Jam 08.00 s/d 12.00 WIB

C. Tempat Pendaftaran :

Gedung Asrama Mahasiswa UGM Dharma Putra

Jl. Andung No.1 Baciro ( Sebelah Barat Stadion Mandala Krida ) Yogyakarta


D. Syarat Pendaftaran :

1. Surat Lamaran yang ditujukan kepada Walikota Yogyakarta yang ditulis tangan sendiri dengan tinta hitam dan ditandatangani, serta menyebutkan Jabatan yang dilamar ( tanpa materai ), dengan melampirkan :

a. 1(satu) lembar foto copy ijasah terakhir (bukan ijasah sementara/keterangan lulus/bukti yudisium) dan 1 (satu) lembar foto copy transkip akademik yang masing-masing telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang, Pejabat yang berwenang melegalisasi sebagaimana anak lampiran II;

b. Pas foto hitam putih terbaru ukuran 3×4 sebanyak 4 (empat) lembar, disebaliknya ditulis nama dan alamat pelamar;

c. 1 ( Satu ) lembar Foto Copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian Resort (Polres) setempat yang dilegalisir;

d. 1 ( Satu ) lembar Foto Copy Surat Keterangan Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dokter Pemerintah;

e. Surat Keterangan Syah memiliki TOEFL 400 bagi pelamar dengan kualifikasi yang disebutkan dalam Persyaratan Khusus;

f. Foto copy sah surat keputusan/bukti pengangkatan pertama sampai dengan pengangkatan terakhir, dari kepala/pimpinan instansi pemerintah/lembaga swasta bagi pelamar yang berusia lebih dari 35 (tiga puluh lima) tahun sampai dengan 40 (empat puluh) tahun per tanggal 1 Januari 2009 harus mempunyai masa kerja tidak terputus paling kurang 11 tahun 8 bulan dihitung sampai dengan 31 Desember 2008 pada instansi pemerintah atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional dan mempunyai kesesuaian antara pendidikan, pengalaman kerja dan jabatan yang dilamar.

2. Berkas lamaran tersebut diatas dimasukkan dalam Stop Map, dengan mencantumkan data selengkap-lengkapnya, sebagai berikut :

- Nama Lengkap ( semua gelar pendidikan dituliskan di belakang nama );

- Tempat/ Tanggal lahir;

- Alamat Lengkap (Jalan, Dukuh/ Kampung, RT/ RW, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi);

- Nomor telepon Rumah dan HP bila ada ( telepon yang mudah dihubungi );

- Mencantumkan jenis jabatan yang dilamar beserta kode dan kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan, dengan Warna Stop Map:

Tenaga Kesehatan : Hijau

Tenaga Teknis : Kuning

3. Setiap pendaftar / pelamar hanya diperbolehkan mengajukan 1 (satu) jenis formasi dalam 1 (satu) lingkup Pemerintah Kota Yogyakarta.

V. PELAKSANAAN UJIAN SELEKSI.

1. Ujian tertulis dilaksanakan serentak se Propinsi DIY pada Hari Minggu tanggal 7 Desember 2008.

2. Perlengkapan yang dibawa pada waktu Ujian Seleksi :

a. Asli Kartu/Tanda Peserta Ujian CPNS Tahun 2008

b. Asli Tanda Pengenal Identitas Diri (KTP/SIM.)

c. Pensil 2B

d. Karet Penghapus

e. Rautan

f. Ballpoint

g. Alas tulis

VI. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI

1. Pengumuman hasil seleksi didasarkan pada hasil ujian tertulis sesuai urutan rangking tertinggi per jenis formasi sejumlah formasi yang dibutuhkan.

2. Pengumuman hasil seleksi akan disampaikan oleh Panitia melalui media cetak daerah, dan media papan pengumuman tempel di Badan Kepegawaian Daerah, Dinas Kesehatan, RSUD Kota Yogyakarta.

VII. LAIN-LAIN.

1. Seluruh proses pengadaan CPNS mulai dari proses pendaftaran / pelamaran, pelaksanaan seleksi sampai dengan penentuan kelulusan tidak dipungut biaya dan bebas dari praktek korupsi, kolusi, nepotisme serta pemalsuan dokumen CPNS.

2. Seluruh dokumen yang telah diserahkan, menjadi milik Panitia dan tidak dapat diminta kembali.

3. Keputusan Tim Pengadaan CPNSD Pemerintah Kota Yogyakarta Tahun 2008 tidak dapat diganggu gugat.

4. Layanan Informasi Pengadaan CPNS Kota Yogyakarta :

- Website : http://www.jogja.go.id/

- Telp : (0274) 555013

(0274) 515865 psw 174

(0274) 515866 psw 174

Yogyakarta, 10 November 2008

An.Walikota Yogyakarta
Sekretaris Daerah

ttd

Drs.RAPINGUN
NIP. 490017536

Pengumuman dan formasi lowongan CPNS di Pemerintah Kota Yogyakarta silakan diunduh di bawah ini :

01. pengumuman-cpns-jogja-2008

02. formasi-cpns-jogja-2008


LOWONGAN CPNS DI PEMKOT YOGYAKARTA

Pemerintah Kota Yogyakarta pada Tahun 2008 ini memperoleh Alokasi Tambahan Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) sebanyak 351 orang, pengumuman mengenai penerimaan CPNS ini akan diumumkan secara serentak bersama Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Propinsi DIY mulai Selasa (11/11). Demikian hal ini disampaikan oleh PLT Badan Kepegawaian Daerah, Drs Hardono, di Balaikota, Sabtu (8/11). Dijelaskan oleh Drs. Hardono, Alokasi tambahan Formasi CPNSD sebanyak 351 orang tersebut akan diisi dari pelamar umum sejumlah 193 orang yang terdiri dari Tenaga Kesehatan 115 orang dan Tenaga Teknis 78 orang, sedangkan sejumlah 158 formasi akan diisi dari tenaaga Honorer yang saat ini sudah dilakukan pemberkasan.

Mengenai tahapan kegiatan Penerimaan CPNSD Kota Yogyakarta ini, Drs Hardono menjelaskan, bahwa pengumuman penerimaan CPNS akan dilaksanakan pada tanggal 11 sd 27 Nopember 2008, informasi mengenai penerimaan CPNS akan disebarluaskan melalui website Pemerintah Kota Yogyakarta : www.jogja.go.id, surat kabar dan ditempel di Badan Kepegawaian Daearah, Kompleks Balaikota Jl Kenari 56, RSUD Wirosaban dan di Dinas Kesehatan Jl Sarjito Yogyakarta.
Sementara itu, untuk waktu pelaksanaan pendaftaran atau penyerahan berkas lamaran CPNS akan dilaksanakan pada tanggal 17 – 29 Nopember 2008 bertempat di Gedung Asrama Mahasiswa UGM Dharma Putra Jl Andong No.1 Baciro tepatnya di sebelah barat Stadion Mandala Krida Yogyakarta. Sedangkan pelaksanaan ujian akan dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2008 bersama dengan pelaksanaan ujian CPNS tingkat Propinsi Jawa Tengah. Untuk tempat ujian akan diumumkan lebih lanjut.
Berkaitan dengan penerimaan CPNS ini, PLT Ka. BKD juga menghimbau kepada masyarakat khususnya calon pelamar formasi CPND untuk tidak mempercayai calo atau orang yang menjanjikan dapat memasukkan menjadi PNS. “Karena pelaksanaan pengadaan CPNS untuk memperoleh SDM yang berkualitas maka semuanya akan dilaksanakan secara transparan dan bebas dari KKN, untuk itu kami menghimbau kepada calon pelamar jangan percaya pada calo atau orang yang menjanjikan dapat memasukkan menjadi PNS” kata Drs. Hardono.


Lowongan CPNS di Sleman

PANITIA PENGADAAN
CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL TAHUN 2008
KABUPATEN SLEMAN
Jl. Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman, DIY, Telp. (0274) 868405, Fax. (0274) 868945
Kode Pos 55511

P E N G U M U M A N
Nomor : 810/001/BKD

Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor B/225.P/M.PAN/10/2008 tanggal 31 Oktober 2008 perihal Persetujuan Rincian Formasi CPNS Daerah Tahun 2008, diumumkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman pada Tahun Anggaran 2008 akan menyelenggarakan Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil dengan ketentuan sebagai berikut :



I. PERSYARATAN UMUM
1. Warga Negara Republik Indonesia dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku;
2. Berusia serendah-rendahnya 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun dihitung sampai dengan 01 Januari 2009, atau sampai dengan 40 tahun bagi mereka yang bekerja pada pelayanan dasar instansi pemerintah atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional secara terus menerus dengan masa kerja paling kurang 5 (lima) tahun pada tanggal 17 April 2002 atau paling kurang 11 tahun 8 bulan dihitung sampai dengan 1 Desember 2008 (sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2002) dengan melampirkan fotocopy sah Surat Keputusan/bukti pengangkatan pertama sampai dengan pengangkatan terakhir, dari kepala/pimpinan instansi pemerintah/lembaga swasta nasional yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
3. Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan ketrampilan yang diperlukan;
4. Tidak berkedudukan sebagai Pegawai Negeri Sipil/Calon Pegawai Negeri Sipil maupun anggota TNI/POLRI;
5. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan Keputusan Pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena suatu tindakan pidana kejahatan;
6. Tidak pernah terlibat dalam suatu kegiatan/gerakan yang menentang Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah Republik Indonesia;
7. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/anggota TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
8. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Republik Indonesia;
9. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter pemerintah;
10. Terdaftar pada Kantor / Dinas Tenaga Kerja setempat, dibuktikan dengan Kartu Pencari Kerja (AK.I);
11. Berkelakuan baik dibuktikan dengan SKCK dari Kepolisian (Polres) setempat; Persyaratan Umum nomor 10 sampai dengan nomor 11 dilampirkan setelah lulus seleksi CPNS dalam pemberkasan NIP.

II. PERSYARATAN KHUSUS

1. Indeks Prestasi Kumulatif minimal 2,75 (dalam skala 4).
2. Nilai rata-rata minimal ijazah bagi lulusan SAA/SMF adalah 7,00.
3. Bagi Pelamar yang diterima sebagai Guru Kelas Sekolah Dasar dan memiliki basis pendidikan D2 PGSD wajib menempuh pendidikan dan lulus S1 PGSD secara swadana selama-lamanya 5 tahun sejak diangkat sebagai CPNS, dibuktikan dengan Surat Pernyataan yang dibubuhi materai Rp. 6.000,-. (dilampirkan setelah lulus seleksi CPNS dalam pemberkasan NIP).
4. Pengalaman Kerja bagi Pelamar yang berusia diatas 35 tahun sampai dengan 40 tahun harus sesuai dengan formasi jabatan yang dilamar.
5. Bersedia untuk tidak mengajukan permohonan pindah instansi dari Pemerintah Kabupaten Sleman, sebelum memiliki masa kerja aktif sekurang-kurangnya 8 (delapan) tahun sejak diangkat sebagai CPNS, dibuktikan dengan Surat Pernyataan yang dibubuhi materai Rp. 6.000,-. (dilampirkan setelah lulus seleksi CPNS dalam pemberkasan NIP).

III. TAHAPAN PENDAFTARAN

A. Registrasi On-line
1. Registrasi Peserta secara on-line melalui www.slemankab.go.id mulai tanggal 12 pukul 08.00 wib s/d 19 November 2008 pukul 24.00 wib.
2. Mengisi formulir registrasi yang tersedia dalam website dengan memperhatikan petunjuk pengisian secara cermat dan hati-hati.
3. Setiap pelamar hanya boleh melamar pada 1 formasi jabatan.
4. Mencetak formulir pendaftaran on-line sebanyak 2 (dua) lembar, menempelkan pas foto hitam putih ukuran 3 x 4 pada formulir pendaftaran dan menandatangani formulir pendaftaran.

B. Pengiriman Berkas Lamaran
1. Pendaftaran dianggap sah apabila berkas lamaran yang telah dilengkapi persyaratan diserahkan kepada panitia pengadaan mulai tanggal 17 November 2008 sampai dengan 21 November 2008, jam 08.00 s/d 13.00 wib, kecuali hari Jum’at sampai dengan jam 11.00 wib, bertempat di :

BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN SLEMAN
JALAN PARASAMYA, BERAN, TRIDADI, SLEMAN

2. Panitia hanya menerima berkas lamaran dari pelamar yang telah melakukan registrasi on-line.
3. Setiap pelamar hanya boleh mengirimkan 1 (satu) berkas lamaran dengan tujuan peminatan yang tidak dapat diubah lagi.
4. Surat lamaran ditulis tangan sendiri dengan tinta hitam tanpa materai ditujukan kepada Bupati Sleman , dengan melampirkan :
a. Print out formulir pendaftaran yang telah ditempel foto dan ditandatangani (setelah melakukan registrasi online);
b. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
c. Fotocopy Ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir pejabat yang berwenang; Ijasah sementara/surat keterangan lulus/bukti yudisium tidak berlaku;
d. Surat Pernyataan sebagaimana tercantum dalam persyaratan umum angka 4, 5, 6, 7, dan 8.
e. Surat Keterangan sehat (asli) dari dokter pemerintah;
f. Pas foto terbaru hitam putih ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar dimasukkan dalam plastik kecil transparan dengan ditulis nama dibagian belakang foto.
g. Fotocopy Surat Keputusan/bukti pengangkatan pertama sampai dengan pengangkatan terakhir sebagai wiyata bhakti, dari kepala/pimpinan instansi pemerintah/lembaga swasta nasional yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang bagi pelamar yang berusia diatas 35 tahun s/d 40 tahun.
5. Surat lamaran, print out asli formulir pendaftaran on-line yang telah ditandatangani dan ditempel foto, beserta lampiran berkas lamaran dimasukkan kedalam stofmap dengan warna sebagai berikut :
• Tenaga Guru : Merah
• Tenaga Kesehatan : Hijau
• Tenaga Teknis : Kuning

Pada stofmap tersebut ditulis :
• Nama Pelamar
• Nomor Registrasi on-line
• Jabatan yang dilamar, misal : Perawat, Guru Kelas SD.
• Kualifikasi pendidikan, misal : D-3 Teknik Sipil, D-3 Keperawatan, S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Dan dimasukkan kedalam amplop tertutup warna coklat dengan sampul ditulis sama dengan yang ditulis dalam stofmap.

6. Berkas lamaran yang tidak memenuhi persyaratan tersebut diatas, dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi.
7. Seluruh berkas lamaran yang masuk menjadi milik panitia.

IV. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI
1. Panitia akan melakukan seleksi administrasi sesuai persyaratan yang telah ditentukan dan melakukan verifikasi terhadap isian formulir lamaran yang telah dilakukan registrasi secara on-line;
2. Seleksi Administrasi akan diumumkan pada tanggal 26 November 2008 melalui website www.slemankab.go.id;
3. Kartu Tanda Peserta Ujian harus diambil sendiri oleh peserta (tidak boleh diwakilkan) pada tanggal 1 sampai dengan 2 Desember 2008 dengan membawa print out asli formulir pendaftaran on-line, sekaligus sebagai bukti daftar ulang untuk mengikuti ujian tertulis. Pengambilan kartu tanda peserta ujian bertempat di :

BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN SLEMAN
JALAN PARASAMYA, BERAN, TRIDADI, SLEMAN

V. PELAKSANAAN UJIAN TULIS
1. Ujian tulis akan dilaksanakan pada :
Hari : Minggu
Tanggal : 7 Desember 2008
Waktu : pukul 08.00 s.d. selesai
Tempat : Lokasi ujian dapat dilihat di website www.slemankab.go.id. Mulai tanggal 3 Desember 2008.

2. Materi Seleksi :
a. Tes Bakat Skolastik
b. Tes Pengetahuan Umum, meliputi bidang :
- Ideologi
- Politik
- Ekonomi
- Sosial Budaya
- Hankam; dan
- Hukum

c. Tes Bahasa Inggris.

3. Peserta wajib membawa kartu tanda peserta ujian, kartu identitas (KTP/SIM), pensil 2B, penghapus, dan papan/alas tulis. Bagi peserta yang tidak membawa kartu tanda peserta ujian tidak diperkenankan mengikuti ujian tulis dengan alasan apapun.

VI. LAIN-LAIN
1. Pendaftaran tidak dipungut biaya. Apabila terdapat orang yang menjanjikan dapat memasukkan sebagai CPNS adalah penipuan.
2. Lamaran yang dikirim diluar ketentuan ini dianggap tidak berlaku.
3. Bagi pelamar yang terbukti memberikan keterangan atau dokumen PALSU dinyatakan tidak LULUS / GUGUR.
4. Keputusan Panitia Pengadaan CPNS Tahun 2008 tidak dapat diganggu gugat.

Sleman, 11 – 11 – 2008
Ketua Panitia Pengadaan CPNS
Pemerintah Kabupaten Sleman
Tahun 2008

Ir. SUTRISNO, MES
Pembina Utama Madya, IV/d
NIP. 010103580

168 CPNS Sleman Terima SK

Sebanyak 168 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Honorer PemKab Sleman yang terdiri dari Golongan III sebanyak 66 orang, Golongan II sebanyak 100 orang dan Golongan I sebanyak 2 (dua) orang menerima Surat Keputusan Pengangkatan CPNS dan Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT).

Penyerahan SK secara simbolis dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Ir. Sutrisno, MES di Aula Lantai III Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sleman (Senin, 29 Januari 2007). Sekda Kabupaten Sleman Ir. Sutrisno, MES mengatakan bahwa masa menjadi CPNS adalah masa ujian untuk mengetahui apakah CPNS layak untuk diangkat menjadi PNS atau tidak. Menjadi CPNS bukan berarti pasti diangkat menjadi PNS, diangkat tidaknya CPNS menjadi PNS tergantung dari perilaku dan kinerja selama menjadi CPNS. Oleh karena itu Sekda berharap agar para CPNS yang menerima SK pada hari ini mampu menunjukkan kualitas dirinya sehingga benar-benar layak untuk menjadi CPNS dan bukan sekedar beruntung.

Sekda pada kesempatan tersebut juga mengingatkan kepada CPNS yang tidak siap atau belum mantab menjadi pegawai negeri dipersilahkan untuk mengundurkan diri dengan sukarela. Karena ketika melamar menjadi tenaga honorer tidak ada paksaan, maka demikian pula tidak ada paksaan menjadi CPNS dan nantinya menjadi PNS. Jangan sampai pemerintah merugi dengan menggaji CPNS atau PNS yang bekerja dengan setengah hati.

Lebih lanjut Sekda mengatakan dengan menerima SK pengangkatan ini, maka para CPNS dihadapkan pada tugas yang lebih berat lagi, yakni siap mengabdikan diri sepenuh hati dalam pelaksanaan tugas di instansi masing-masing. Mestinya, pengalaman selama menjadi tenaga honorer telah menjadi bekal yang cukup bagi untuk mengetahui seluk beluk budaya kerja, konsekuensi dan tugas seorang PNS. Diingatkan pula bahwa CPNS maupun PNS tidak dapat memilih tempat dimana ditugaskan, sebagai CPNS maupun PNS harus selalu siap untuk ditempatkan dimana dibutuhkan.
Sebagai seorang PNS tugas utamanya adalah melayani masyarakat, bukan meminta pelayanan dari masyarakat, ketika masyarakat membutuhkan kapanpun harus siap, secara formal jam kerja PNS di Sleman itu hanya jam 7.30 sd.14.15 WIB. Tetapi pelayanan bisa berarti setiap saat selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu dan seterusnya. Sebagai CPNS maupun PNS tidak dapat menolak tugas dengan alasan di luar jam kerja.

Pada kesempatan tersebut Sekda berpesan kepada CPNS ”jangan pernah takut salah untuk berprestasi, tetapi melakukan tugas tanpa salah adalah prestasi”. Dua hal ini hendaknya selalu diingat, gampang sekali orang mencatat kesalahan tetapi sulit sekali orang mengingat prestasi yang telah diraih. Orang yang tidak bisa berprestasi akan mengingat kesalahan orang lain sebagai pembenaran atas tindakannya. Bahkan orang cenderung mencari-cari kesalahan orang lain. Jarang sekali orang melihat prestasi orang lain dan menjadikannya sebagai motivasi untuk meraih prestasi yang lebih tinggi. Jika menemukan kesalahan, segera koreksi dan perbaiki. Jangan ragu untuk berbuat baik.

Sementara itu Drs. Iswoyo Hadiwarno Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sleman dalam laporannya mengatakan berdasarkan hasil rekrutment tahun 2006 yang dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan pegawai formasi tahun 2005, telah mengusulkan pertimbangan teknis dan penetapan NIP CPNS baik yang diangkat dari pelamar umum maupun honorer keseluruhan berjumlah 571 orang.

CPNS yang diusulkan dari jalur pelamar umum telah diangkat CPNS TMT. 1 April 2006 dan telah melaksanakan tugas TMT 1 Juni 2006. Sedangkan CPNS yang diusulkan dari tenaga honorer, proses penetapan NIP untuk usulan tahap I baru selesai pada akhir Januari 2007 sebanyak 168, sedangkan sisanya sebanyak 128 orang masih dalam proses di Badan Kepegawaian Negara (BKN). slemankab.go.id

Kulon Progo Tetapkan 616 Formasi CPNS Honorer

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menetapkan formasi calon pegawai negeri sipil untuk tahun 2006 sebanyak 616, yang dikhususkan untuk tenaga honorer. Penetapan formasi yang didominasi sektor pendidikan dan kesehatan ini diharapkan mempercepat target pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS.

Kepala Subbagian Pengadaan dan Perencanaan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kulon Progo Bambang Sutrisno, Senin (13/11), di Wates, mengatakan tahun ini pihaknya hanya membuka formasi untuk honorer saja, sesuai dengan instruksi pemerintah pusat. Jumlah formasi yang disediakan untuk tenaga strategis hanya 211, sisanya untuk tenaga pendidik dan kesehatan.

Bambang menuturkan, penetapan formasi tersebut menimbulkan masalah baru karena tenaga CPNS yang lolos seleksi tahun 2005 masih belum menerima surat keputusan (SK).

"Belum diterimanya SK hingga sekarang membuat nasib mereka terkatung- katung. Proses rekrutmen mereka saja belum selesai, tetapi sudah harus merekrut CPNS baru," kata Bambang.



Terhambat

Sampai saat ini, masih belum ada kejelasan kapan SK para CPNS tersebut turun. Mandeknya pengeluaran SK, lanjut Bambang, juga membuat manajemen kepegawaian di daerah terhambat. "Karenanya, kami minta pemerintah pusat segera memberikan kejelasan. Keterlambatan SK ini bisa memicu kecemburuan antara CPNS 2005 dan CPNS yang lolos seleksi tahun 2006," ujarnya.

Untuk Kulon Progo, jumlah tenaga honorer mencapai 1.806 orang. Jika dikurangi dengan mereka yang lolos pada seleksi CPNS 2005, yakni 241 orang, maka tenaga honorer yang masih harus diangkat adalah 1.565 orang. Jika Peraturan Pemerintah Nomor 48 yang membatasi syarat umur tidak diubah, target pengangkatan hingga tahun 2009 akan sulit tercapai.

"PP tersebut memberikan batasan umur dan masa kerja. Kedua syarat ini sulit dipenuhi bagi mereka yang umurnya di atas ketentuan. Karena sifatnya menghambat, PP tersebut harus diubah terlebih dahulu," tutur Bambang.

Secara terpisah, Kepala BKD Kota Yogyakarta Sulachah mengaku belum menetapkan formasi CPNS untuk tahun 2006. "Sekarang masih kami bahas dan masih belum final. Kemungkinan dalam beberapa hari ke depan keputusan formasinya sudah ada," ucapnya. (ENY). Kompas


Contoh surat lamaran kerja - Bahasa Inggris

BAMBANG PURWANTO

Jati RT 27/09, Sumberlawang, SRAGEN-JATENG 57275

Email: aw_re143@yahoo.com

HP: 0815 7886 5090

Jogjakarta, March 29th, 2005

To HRD Kimberly-Lever Indonesia

Dear Mr./Mrs,



I am 23 years old, fresh graduation from Diploma-III of Electrical IST AKPRIND JOGJAKARTA.

I am looking for a career opportunity in dynamic organization that offers educational and professional growth and also good salary prospects. I am a hard worker, never stop learning, and I have grown in confidence to work with different people in multicultural environment.

Refer to information from KOMPAS at March 26th 2005 that your company needs(diaganti nok). I am interest that your company needs.

I have some experiences that you might be consider. I ever did practice job at UTILINDO PERKASA CV on January-March 2004. I have the determination and enthusiasm to be considered for position which may be available at your organization. My Final Project title is Damage and Maintenance Of Air Conditioner Analys.

I feel I have the determination and enthusiasm to be considered for position which may be available at your organization. I hope that you will give me chance to involve me in your projects, I am sure I will be able to give contribution for the success of your projects.

I am enclosing a copy of my curriculum vitae and other related documents for your consideration.

I would be prepared to come for an interview at your convenience, please call me or send me email at anytime.

I am looking forward to your favorable reply.

Yours faithfully,

Bambang Purwanto



Contoh Proposal Penawaran Kerjasama

Kepada Yth :

Pimpinan XXX Sakina Idamanku

Di tempat

Perihal : Proposal Penawaran Kerjasama

P e n d a h u l u a n

Perkembangan teknologi memberikan jalan bagi manusia untuk melakukan sesuatu dengan lebih mudah dan hasil yang lebih berkualitas. Peningkatan efektifitas dan efisiensi merupakan tuntutan bagi setiap organisasi. Peningkatan tersebut hanya dapat dicapai dengan memanfaatkan bantuan teknologi yang tepat. Dewasa ini dalam era informasi global keunggulan dari suatu institusi ditentukan oleh seberapa baik data di kelola. Data adalah asset yang sangat penting, kemenangan dalam persaingan banyak ditentukan oleh ketersediaan informasi dengan cepat, tepat dan akurat. Setiap saat setiap waktu ilmu pengetahuan dan teknologi akan terus berkembang, dengan adanya perkembangan teknologi tersebut maka informasi dapat disajikan dengan mudah kepada siapa saja yang membutuhkan. Sistem yang menyajikan informasi tersebut dikenal dengan nama Sistem Informasi.

Teknologi informasi merupakan teknologi untuk melakukan rekayasa terhadap informasi yang berdasarkan data yang dimiliki. Teknologi ini berupaya membantu mengorganisasikan data dengan bantuan media penyimpan elektronik lalu menyajikannya dalam bentuk informasi yang diinginkan oleh pemakai. Dengan bantuan teknologi informasi maka dokumen kertas dapat dikurangi seminimal mungkin (paperless), pengarsipan dalam bentuk manual juga dapat dikurangi. Perguruan tinggi yang melakukan pelayanan terhadap mahasiswa dengan berbagai problemnya merupakan institusi yang sangat membutuhkan kehadiran teknologi informasi sebagai pendukung peningkatan kualitas pelayanan. Demikian juga untuk poliklinik-poloklinik maupun usaha-usaha yang bergerak dalam bidang medis juga sangat memerlukan suatu Sistem Informasi untuk bisa mengupdate terus segala informasi yang setiap hari pasti berganti sejalan dengan bertambahnya kebutuhan manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sehingga kualitas pelayanan harus senantiasa ditingkatkan. Akurasi informasi yang diberikan oleh sistem akan membantu dalam memperoleh data dan informasi yang valid.

Berdasarkan latar belakang tersebut maka *** SOFTWARE menawarkan solusi yang tepat melalui penawaran kerjasama pembangunan Sistem Informasi XXX Terpadu untuk peningkatan kualitas pelayanan. Sistem Tersebut Meliputi Sistem Informasi Pasien, Sistem Informasi Keuangan, Sistem Informasi Medis dan Sistem Informasi obat-obatan yang mendukung.

T u j u a n

Tujuan proposal ini adalah membangun suatu sistem yang bisa membantu seluruh komponen yang ada dalam sistem sehingga setiap waktu bisa didapatkan Sistem Informasi yang valid, akurat dan komunikatif untuk kepentingan bersama.

Dari hasil pembangunan Sistem Informasi tersebut diharapkan dapat menghasilkan solusi yang terbaik bagi perusahaan untuk menyusun strategi dan mengembangkan sistem operasional karyawan maupun pasien dalam aktifitas kerja.

Tujuan lainnya adalah :

1. mempercepat jalur komunikasi data antar bagian baik operasional maupun manajemen.

2. mengatasi kerumitan dalam hal pendataan.

3. memberikan sistem pelayanan yang cepat dan akurat.

4. efisiensi waktu dan biaya.

5. meningkatkan mutu pelayanan dan image perusahaan.

B i a y a

Kami menyediakan 1 (satu) paket komputer hardware lengkap dengan software Sistem Informasi poliklinik BKIA beserta modul-modulo yang sesuai dengan biaya sebesar Rp. 3.000.000/unit.

P e n u t u p

Demikian proposal penawaran kerjasama ini kami buat, semoga bisa memberi sedikit gambaran mengenai produk yang kami tawarkan ini. Harapan kami adalah membangun kerjasama dengan mengembangkan Sistem Informasi yang cepat dan akurat untuk meningkatkan efisiensi waktu dan produktivitas kerja poliklinik saudara.

Hormat Kami,

Wawan

manajer

Contoh surat pernyataan

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Bambang

Tempat / tgl lahir :27 Agustus 1981

Alamat :Nglimbangan, Jati, Kec. Sumberlawang,

Kab. Sragen, Jawa Tengah

Dengan ini saya menyatakan bahwa sanggup ditempatkan diperusahaan kecil dan menengah saat mengikuti program magang ke Jepang selama 3 tahun. Demikian surat pernyataan ini saya buat, selanjutnya dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Sragen, 15 Januari 2005

Hormat saya

Bambang